Friday, November 21, 2014

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (2)

No comments:


PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (2)

Dewasa ini, banyak tercemarnya lingkungan akibat sisa-sisa buangan dari pembangkit listriky ang menyebabkan global warming, hujan asam, rusaknya lapisan ozon hingga hilangnya hutan tropis, dan akibat lainnya. Dengan kondisi yang sudah sedemikian memprihatinkan, gerakan hemat energi sudah merupakan keharusan di seluruh dunia. Salah satunya adalah dengan berhemat bahan bakar dan menggunakan bahan bakar dari non-fosil yang dapat diperbaharui seperti tenaga angin, tenaga air, energi panas bumi, tenaga matahari, dan lainnya. Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) akan lebih diminati karena dapat digunakan untuk keperluan apa saja dan di mana saja : bangunan besar, pabrik, perumahan, dan lainnya.
Kelebihan Pembangkit listrik tenaga surya yaitu Energi yang terbarukan/ tidak pernah habis, Bersih, ramah lingkungan, Umur panel sel surya panjang/ investasi jangka panjang , Praktis, tidak memerlukan perawatan, Sangat cocok untuk daerah tropis seperti Indonesia.











Komponen-komponen utama dalam pembuatan pembangkit listrik tenaga surya yang dibutuhkan antara lain solar module atau solar cell dimana komponen yang terbuat dari bahan semikonduktor, paling banyak digunakan multicrystalline silicon, yang berguna untuk mengkonversi energi atau sinar matahari untuk menjadi energi listrik, lalu kontroler yang berguna untuk mengatur dan memutuskan arus, lalu ada pula inverter AC-DC bla dibutuhkan, selain itu ada pun baterai untuk diisi pada saat pembangkit bekerja.








Sistem sel surya yang digunakan di permukaan bumi terdiri dari panel sel surya, rangkaian kontroler pengisian (charge controller), dan aki (batere) 12 volt yang  free maintenance. Panel sel surya merupakan modul yang terdiri beberapa sel surya yang digabung dalam hubungkan seri dan paralel tergantung ukuran dan kapasitas yang diperlukan. Panel surya ini berguna untuk menyerap sinar matahari dan kemudian dijadikan arus listrik yang akan di charge ke baterai atau aki dan kemudian diapak konsumen. Adapun rangkaian kontroler pada penggunaan pembangkit listrik tenaga surya ini yang berguna untuk menghentikan charge baterai bila baterai sudah penuh. Biasanya panel surya dipasang secara statis di tempat yang agak luas dan biasanya diarahkan ke utara agar cahaya yang diserap oleh panel surya ini lebih banyak dan arus yang dihasilkan pun lebih banyak dan lebih efisien. Sebenarnya, untuk mendapatkan energi listrik yang jauh lebih optimal, sistem sel surya itu masih harus dilengkapi pula dengan rangkaian kontroler optional untuk mengatur arah permukaan panel surya agar selalu menghadap matahari sedemikian rupa sehingga sinar mahatari jatuh hampir tegak lurus pada panel suryanya.
Pemasangan pembangkit listrik tenaga surya dapat di berbagai tempat untuk berbagai kebutuhan. Ada yang di pasang di tempat parkir, ada yang di lahan luas, di pabrik-pabrik, adapun yang di tempatkan di atap rumah untuk membantu pelistrikan di rumah.

Sumber: http://levinhalim308.wordpress.com








No comments:

Post a Comment

Desain Oleh :